Frequently Asked Questions

01 Maret 2012 10:17:31

FREQUENLY ASKED and QUESTION (FAQ)

1.         Q:     Dimana saya memperoleh Formulir PPA?

         A:     Formulir PPA yang dapat diperoleh pada Petugas PPA di Kantor PPSA Pelindo Banjarmasin (08.00 – 16.00) dan Pada Loket Pelayanan PPA di Kantor PT Ambapers (16.00 -  23.00).

 

2.         Q:     Saya belum pernah menggunakan / menjaukan Pelayanan Alur, data apa saja yang perlu saya siapkan?                        

         A:     Data yang perlu di siapkan untuk Pengajuan:

a.    Permohonan Pelayanan Alur ( Form PPA ) yang telah diisi lengkap oleh Agent/Perush Pelayaran, ditanda tangani dan di stempel pimpinan perusahaan pelayaran.

b.    Draft Survey dari surveyor untuk menyatakan Tonase muatan.

c.     Data Kurs Pajak pada saat tanggal Pengajuan.

d.    Slip Setoran Pembayaran pada Rekening PT Ambapers di BPD Kalsel (akan diverifikasi Bagian Keuangan/Pelayanan PT Ambapers bahwa dana sudah masuk pada Rekening Ambapers).

e.    Surat Pernyataan Menanggung jawab pembayaran channel fee oleh Perusahaan yang telah melaksanakan kerja sama dengan PT Ambapers ( Sistem Pasca Bayar)

f.     NPWP Pengguna Jasa/Pemilik Cargo/Penanggung Jawab Pembayaran.

g.    Data Kapal dan Tongkang.

h.    Surat Keterangan Asal Barang

i.      Stempel Agen Pelayaran / Pengguna Jasa

j.      dan data lain yang dipersyaratkan pada Formulir PPA dan DIKETIK pada Formulir PPA

 

3.         Q:     Saya Sudah Mempunyai Draft Survey dan saya akan membayar ke Bank Kalsel, Berapa yang harus saya bayar?

         A:     yang harus dibayar adalah dihitung dengan formula:

                   DPP     = Berat Muatan X 0,3 X Kurs Pajak tanggal Pengajuan

                   PPn     = 10% x DPP

                   Fee     = DPP + PPn

*    Sesuai peraturan pelayanan tarif muatan adalah 0,3 USD per MTON

*    Sesuai peraturan menteri keuangan, semua transaksi harus menggunakan mata uang Rupiah, sehingga faktor kali resmi yang digunakan adalah Kurs Pajak (periodicly satu mingguan)

4.         Q:     Saya bingung dengan perhitungan dan takut perhitungan saya salah?

         A:     anda bisa menghubungi agen pelayaran anda atau bagian pelayanan PPA Ambapers

                   Anda juga bisa memanfaatkan Feature pada website kami www.ambapers.com dan memasukkan perhitungan pada bagian Calculator PPA.

5.         Q:     Saya Membawa muatan Batubara dari Hulu ke Taboneo Anchorage, namun muatan saya terdapat sisa karena Barge Transhipment sudah penuh, sehingga barang harus saya bawa kembali. Apakah saya tidak perlu membayar Channnel Fee?

         A:     Setiap Barge yang berisi hasil tambang harus membayar Channel Fee untuk sekali jalan baik yang arah masuk sungai atau keluar. Anda harus melakukan pengajuan baru atas penggunaan Alur tersebut.

6.         Q:     Perjanjian penjualan saya adalah FOB Shipping Point, sehingga biaya ditanggung Pembeli saya, tapi perusahaan saya yang mengorganisir pengiriman. Bagaimana Cara pembayaran dan transaksi terkait Perpajakan?

         A:     Dalam standard kami, kami mengenal istilah Pemilik Cargo dan Penanggungjawab Pembayaran. Data yang dimasukkan pada kolom Penanggung jawab pembayaran adalah nama Pembeli anda termasuk NPWP dan Alamat (disertai Copy Kartu NPWP), maka Faktur Pajak yang muncul adalah nama pembeli anda. Namun demikian, kami tetap tidak memproses permohonan jika kami belum menerima pembayaran pada system Banking kami.

7.         Q:     Perusahaan saya mengharuskan menerima Invoice sebelum melakukan pembayaran, dapatkan saya mendapatkan Invoice?

         A:     Dengan menandatangani Formulir Permohonan PPA, berarti Pihak yang tertera pada kolom penanggungjawab pembayaran maka kami anggap pengguna jasa akan bersedia melakukan pembayaran sesuai channel fee yang disyahkan oleh petugas Pelayanan kami dan Formulir PPA tersebut berlaku mengikat sebagai Invoice.

8.         Q:     Perusahaan saya di luar Banjarmasin dan pembayaran tidak kami serahkan kepada agen pelayaran kami, tetapi kami sendiri yang akan melakukan pembayaran?

         A:     Sistem Tarnsfer pada perbankan Indonesia biasanya memerlukan waktu 3 hari hari untuk bisa masuk pada rekening kami, mohon lakukan pembayaran 3 hari sebelum agen anda melakukan pengajuan PPA

9.         Q:     Bagaimana saya bisa mendapatkan Faktur Pajak?

         A:     Sesuai Peraturan Perpajakan bahwa daerahh Kalimantan sampai saat ini belum menerapkan e-faktur, maka faktur pajak yang kami berikan dalam bentuk fisik yang ditandatangai pejabat kami, dan jika akan mengambil Faktur pajak bisa dilakukan paling cepat 2 (dua) hari kerja setelah tanggal permohonan disyahkan Petugas Pelayanan.